October 15, 2008

Strategi Perusahaan Nasional

GUDANG GARAM = Pria sejati

PT Gudang Garam Tbk dengan tagline “Finest Clove Cigarettes” ingin membuktikan kepada konsumen dan khalayak umum bahwa mereka menguasai panga pasar rokok terbesar di Indonesia karena mereka memproduksi rokok kretek dengan campuran tembakau dan cengkeh bermutu tinggi yang kekuatan dan kemantapan rasa dan aromanya sangat khas dan cocok dengan keinginan para pria.

Market utama yang dituju rokok Gudang Garam adalah para pria dengan definisi pria sejati, berkepribadian kuat, modern dan yang terpenting mengerti arti kenikmatan rokok sesungguhnya. Sehingga dalam iklan-iklannya Gudang Garam kerap memunculkan sosok pria macho yang suka berpetualang dengan dibumbuhi keywords.. “Pria Punya Selera” atau “Selera Pemberani”.

Untuk memperkuat brandvaluenya di mata masyarakat dan menancapkan imagenya, Gudang Garam banyak mensponsori beberapa kegiatan di olahraga otomotif seperti rally mobil, motocross, offroad; olahraga tinju; siaran langsung sepakbola di TV atau festival musik rock.

Dengan citarasa dan aroma rokok yang khas serta image yang melekat kuat di masyarakat, tidak mengherankan apabila Gudang Garam memiliki banyak konsumen loyal di Indonesia.


NYONYA MENEER = Pewaris tradisi jamu jawa asli

PT Nyonya Meneer punya motto Tradisi terbaik untuk kesehatan dan kecantikan”. Dengan motto ini Nyonya Meneer ingin menegaskan kepada masyarakat bahwa sebagai jamu tradisional, jamu produksi mereka telah diakui sangat lama sejak tahun 1919. Merekalah sang pewaris nenek moyang dalam menjaga tradisi kesehatan dan kecantikan. Hal ini didukung dengan konsistensi logo yang sangat lama, dilihat dari konsistensi gambar potret Nyonya Meneer, tulisan tahun dan keyword “Jamu Jawa Asli” di sebagian besar produk, board toko jamu atau reklame.

Image jamu Nyonya Meneer di masyarakat sangat melekat sebagai jamu yang sudah lama ada di Indonesia dan masih bertahan sampai dengan sekarang. Akibatnya jamu Nyonya Meneer lebih diasosiasikan kepada konsumen yang mempunyai tradisi minum jamu sudah lama atau cenderung ke konsumen strata orang tua. Dan dalam hal beriklan di TV misalnya, Nyonya Meneer lebih memilih acara yang banyak ditonton orang dewasa seperti dialog politik dan ekonomi. Amurat, produk yang sekarang sedang diandalkan PT Nyonya Meneer juga menyeser segmen orang tua, dengan bintang iklan Tukul Arwana untuk menarik perhatian. Tetapi sebagaimana halnya Gudang Garam, jamu Nyonya Meneer juga mempunyai banyak konsumen loyal di Indonesia.


MUSTIKA RATU = Puteri Keraton

PT Mustika Ratu punya tagline “Dari balik dinding kraton mencuat ke mancanegara”. Modal utama dari tagline ini, Pertama dari keberadaan Mooryati Soedibyo, Presiden Direktur, yang merupakan anggota keluarga Keraton Kasunanan Surakarta. Dengan tagline ini Mustika Ratu mengklaim bahwa semua produk mereka terbuat dari bahan alami dan diramu sesuai resep leluhur yang diwariskan turun temurun di lingkungan Keraton Surakarta Hadiningrat, atau dengan kata lain seperti yang selama ini digunakan oleh puteri keraton. Kedua, Mustika Ratu memegang lisensi penyelenggaraan kontes Putri Indonesia dan kedatangan Miss Universe ke Indonesia. Hal kedua inilah yang meningkatkan brandvalue termasuk image Mustika Ratu karena produk-produknya tidak hanya digunakan oleh ratu kecantikan di Indonesia tetapi juga oleh ratu sejagat. Secara tidak langsung produk-produk Mustika Ratu menjadi lebih gampang dikomunikasikan, tidak hanya di Indonesia tetapi sampai ke mancanegara.

Selain memiliki banyak varian produk, Mustika Ratu juga mempunyai market remaja dan wanita dewasa sehingga dalam iklan mereka menggunakan tema keywords yang berbeda. Untuk wanita dewasa, iklan Mustika Ratu ingin menyampaikan pentingnya kecantikan tidak hanya dari luar tetapi juga dari dalam. Sedangkan untuk remaja, iklan Mustika Ratu ingin menyampaikan pentingnya produk mereka dalam urusan cinta.


MASPION = Nasionalisme

Kata Maspion bisa merupakan singkatan dari kalimat Mengajak anda selalu percaya industri olahan Indonesia atau Master of Champion menurut versi Alim Markus, Presiden Direktur Maspion.. PT Maspion sendiri punya tagline “Indonesia’s Achievement”. Semangat nasionalisme yang ingin disasar oleh Maspion. Mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih mencintai produk-produk buatan bangsa sendiri. Apalagi Alim Markus dan Maspionnya mempunyai misi bersaing dan mengalahkan produk-produk impor. Sehingga sangat wajar apabila dalam iklannya Maspion memilih keywords “Cintailah produk-produk dalam Indonesia”. Iklan ini bahkan dibintangi langsung oleh Alim Markus. Dengan logat khas Tionghoa, keyword dan iklan ini menjadi gampang diingat, dan pesannya pun mengena di masyarakat.


No comments: