October 26, 2008

Operasi Psikologis

Studi Kasus

Pasar Modal yang berkembang di dunia sejak abad ke-19 (Pasar Modal di Indonesia mulai dikenal sejak tahun 1912) sampai dengan saat ini masih rentan terhadap prilaku para investornya (panic selling) yang mudah panik terhadap isu-isu negatif yang sengaja dihembuskan. Mekanisme short selling yang dilegalkan dalam peraturan Pasar Modal semakin menambah besarnya kemungkinan masuknya berita-berita yang direkayasa. Dari 2 peristiwa besar, Great Depression tahun 1928 dan sekarang Krisis Finansial Global menghasilkan keputusan untuk melarang (sementara) transaksi short selling.

Pengambilalihan perusahaan melalui isu-isu yang sengaja dihembuskan pernah terjadi di Inggris di abad ke-19. Saat itu dihembuskan kabar bahwa Napoleon mengalami kemenangan di Rusia dan akan segera menguasai Inggris. Dampaknya banyak investor yang menjual sahamnya saat itu karena kondisi harga saham beberapa perusahaan Inggris yang semakin jatuh. Mereka tidak mau rugi terlalu besar. Situasi ini dimanfaatkan kelompok tertentu. Mereka memborong semua saham perusahaan Inggris yang dijual investor dengan harga rendah. Dalam sekejap kepemilikan di tiap perusahaan Inggris mayoritas sudah dikuasai oleh kelompok tertentu yang disponsori keluarga Rotschild. Akhirnya saat diketahui Napoleon mengalami kekalahan besar di Rusia, harga-harga saham perusahaan Inggris pun kembali meroket karena keyakinan investor terhadap keamanan Inggris.

Obyek Isu

Memanfaatkan kekuatan Perancis dibawah Napoleon Bonaparte yang saat itu ingin menguasai seluruh Eropa

Tujuan

Mengambil alih kepemilikan perusahaan-perusahaan besar di Inggris

Sasaran enstom

Karakter panic selling dari investor pasar modal menghadapi isu-isu negatif

Pilihan operasi

Covert action karena masyarakat tidak mengetahui jelas siapa sebenarnya yang menghembuskan kabar kemenangan Napoleon tersebut.

Instrumen/agen

Instrumen yang digunakan bisa menggunakan orang-orang yang disusupkan ke Pasar Modal untuk menyebarkan kabar bohong atau bisa juga penyesatan kabar melalui media seperti radio atau koran untuk kondisi pada saat itu.

Sarana/teknik operasi psikologis

Teknik yang digunakan dengan cara menyebarkan isu-isu yang mengabarkan kemenangan Napoleon di Rusia dan rencana Perancis untuk segara menyerang Inggris.


No comments: